ART CENTRE BALI

 Art Centre Bali - Taman Werdhi Budaya Denpasar, Pusat Pesta Kesenian

Bali Art Center Denpasar atau Taman Budaya Bali merupakan bangunan yang ditujukan sebagai tempat pelestarian budaya serta pengembangan pusat kesenian Bali.

Bali Art Center Denpasar juga merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan. Anda yang berkunjung ke Art Centre akan banyak mengetahui mengenai kebudayaan serta kesenian, sehingga selain anda dapat bersenang-senang anda dapat menambah pengetahuan anda.

Bali Art Centre Denpasar adalah komplek bangunan yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Dengan gaya arsitektur tradisional Bali, bangunan-bangunan yang ada disini begitu kokoh dan indah. Dilengkapi juga dengan taman-taman yang tertata rapi dan juga terdapat sebuah anak sungai yang berada di area taman.

Komplek bangunan yang ada di Bali Art Center Denpasar terbagi menjadi beberapa, seperti komplek bangunan suci, yang meliput Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dan lainnya. Kemudian terdapat komplek bangunan tenang, yang meliputi Perpustakaan Widya Kusuma, tempat ini merupakan tempat menyimpan buku-buku tentang sejarah Bali.

Komplek bangunan setengah ramai, meliputi Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Wantilan, tempat ini adalah aula tempat pameran seni Bali. Dan selanjutnya adalah komplek bangunan ramai yang meliputi, Panggung terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa, keduanya ini berada di selatan sungai.

Pusat Penyelengaraan Pesta Kesenian Bali

 Hari Ini, Ayu Pasti Ramaikan Dramatari Ibu Kunti Teguh - Tribun Bali

Art center Bali didirikan bertujuan sebagai tempat pementasan seni dan juga tempat untuk mengembangkan bakat – bakat seni yang dimiliki masyarakat Bali. Art center Denpasar Bali atau Taman Werdhi Budaya Art Centre Denpasar, menjadi tempat diselenggarakannya pesta kesenian Bali (Bali art festival) setiap tahunnya.

Bali art festival tepatnya diselanggarakan setiap tahun pada bulan Juni sampai bulan Juli. Bagi anda yang ingin melihat pesta kesenian Bali sebaiknya datang pada bulan Juni sampai bulan Juli. Pesta kesenian Bali (PKB) dimulai sejak tahun 1979, pembukaanya PKB biasanya dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandhi. Yang membuka PKB biasanya Presiden RI atau pejabat setingkat menteri setiap tahunnya.

Bali art festival mendapatkan apresiasi penuh dari pemerintah maupun masyarakat Bali pada khususnya, dengan banyaknya penonton di setiap pembukaan PKB, maupun pengunjung di Taman Werdhi Budaya Art Centre Denpasar.

Pesta kesenian Bali diikuti oleh seluruh kabupaten di Bali dengan mempertontonkan parade seni yang menjadi ciri khas masing – masing kabupaten di Bali. Baik jenis gambelan, pakaian khas daerah masing-masing kabupaten yang masing -masing kabupaten yang memiliki perbedaan tersendiri.

Pembukaan Bali art festival juga mendapat partisipasi dari negara lain seperti Jepang, Tiongkok maupun negara Korea. Jadi anda jangan sampai melewatkan tontonan pembukaan pesta kesenian Bali yang diadakan setiap pertengahan bulan Juni ini.

Penggagas Ide Pendirian Art Center Denpasar Bali

 Menelusuri Jejak Gagasan Ida Bagus Mantra di Pesta Kesenian Bali -  kumparan.com

Yang paling berperan penting dalam pendirian art center Denpasar Bali ini adalah Gubernur Bali ke-6, Bapak Ida Bagus Mantra. Karena jasa dari Ida Bagus Mantra yang begitu besar dalam pengembangan kesenian dan kemajuan pariwisata di pulau Bali. Nama beliau diabadikan untuk nama jalan di bypass terpanjang di Bali, yang menghubungkan kota Denpasar dengan perbatasan kabupaten Klungkung.

Bapak Ida Bagus Mantra, sangat peduli pada kelestarian seni dan budaya Bali, baik kepada para seniman Bali maupun pengembangan budaya Bali. Tahukah anda Ida Bagus Mantra, beliau rela menyumbangkan tanahnya seluas 5 hektar, untuk dijadikan tempat pembangunan Art Center Denpasar Bali.

Dengan disediakan tempat untuk pengembangan dan pelestarian budaya Bali, beliau berharap generasi penerus di Bali, dapat mempertahankan seni dan budaya Bali, sebagai pedoman dalam mempertahankan jati diri orang Bali, seiring dengan masuknya budaya asing ke pulau Bali.

Jam Buka & Lokasi Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre Di Bali

Jam buka jam buka Taman Werdhi Budaya Art Centre Bali dari pukul 07.30 – 15.30 dan buka setiap hari. Lokasi dari Taman Werdhi Budaya Art Centre di Bali, tepat di tengah – tengah kota Denpasar. Lokasi art centre Bali, alamatnya di Jalan Nusa Indah Denpasar Bali. Jarak dari airport Ngurah Rai sekitar 18 kilometer, kurang lebih 30 menit jika tidak mengalami kemacetan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRADISI GEBUG ENDE

TARI REJANG DEWA

PURA RAMBUT SIWI